200 ORANG MENDAFTAR JADI PAI NON PNS KEMENAG PANDEGLANG


Petugas sedang melakukan verifikasi berkas lamaran PAI Non PNS di Kemenag Kabupaten Pandeglang.

Pandeglang (Humas Pandeglang) – Animo masyarakat Pandeglang untuk menjadi Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS ternyata cukup tinggi. Sampai berakhirnya masa pendaftaran pada Jum’at (29/11/2019), tercatat ada 200 orang yang telah memasukkan lamaran untuk menjadi penyuluh honorer tersebut melalui gedung Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kemenag Pandeglang.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, berkas permohonan yang diterima oleh panitia diverifikasi satu persatu oleh petugas untuk menentukan kesesuaiannya dengan persyaratan yang diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam nomor 927 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Evaluasi, Seleksi dan Penetapan Jumlah PAI non PNS periode 2020-2024. “Pendaftar yang berkasnya tidak sesuai juknis akan kami eliminasi,” tegas H. Syape’i, Ketua Panitia Seleksi PAI non PNS pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang.

H. Syape’i juga menjelaskan, terhadap pendaftar yang memenuhi syarat akan dilakukan tes tulis dan wawancara pada Minggu (8/12/2019) di MAN 2 Pandeglang. Hasil tes tersebut akan diranking untuk menentukan calon penyuluh yang akan diterima dan ditugaskan di 35 kecamatan se-Kabupaten Pandeglang.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimas Islam H. Asep Mulyadi, menjelaskan PAI non PNS di Kabupaten Pandeglang periode 2017-2019 sebanyak 264 orang atau rata-rata 8 orang per kecamatan. Menurut H. Asep, kontrak mereka dengan Kantor Kemenag Pandeglang akan berakhir pada 31 Desember 2019 sehingga kinerja mereka perlu dievaluasi.

“Evaluasi telah kami lakukan sejak awal November 2019 untuk menyaring dari 264 orang tersebut mana yang dapat terus dipertahankan dan mana yang tidak. Untuk itu, secara terprogram kami telah membentuk tim untuk mengevaluasi kinerja dan mewawancarai mereka,” jelas H. Asep.

Berdasarkan hasil evaluasi, dari 264 orang tersebut yang lolos evaluasi hanya 197 orang yang ditetapkan kembali untuk bertugas sebagai PAI non PNS 5 tahun mendatang. Dengan demikian, terdapat lowongan bagi 67 calon PAI non PNS baru yang akan diperebutkan oleh 200 orang yang telah mengajukan lamaran.

Sebelumnya KKM 9 PANDEGLANG ADAKAN BIMTEK PKKM, AKG DAN PKG
Selanjutnya Evaluasi Penguatan Data Pendidikan Agama Islam